“MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN LAMA WAKTU SUATU KEJADIAN BERLANGSUNG KELAS 3”
“MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENENTUKAN LAMA WAKTU SUATU KEJADIAN BERLANGSUNG KELAS 3”
- · Identitas
Mahasiswa ;
Nama
: Muhammad Said
Prodi : PGMI
Lokal
: C
Semester : V (lima)
Mata
Kuliah : Pendidikan
Matematika 3
Dosen
Pembimbing : Nida Mauizdati, M.Pd
- ·
Nama
Media Pembelajaran ;
“Jam
Ajaib” Menghitung lama waktu kejadian
- ·
KD
dan Indikator yang ingin Dicapai ;
KD : Menentukan lama suatu kejadian
berlangsung
INDIKATOR : Siswa mampu menjelaskan
dan menentukan lama suatu kejadian berlangsung
- ·
Deskripsi
Media ;
“JAM AJAIB”
Jam
ajaib adalah sebutan untuk media pembelajaran yang saya buat untuk kali ini,
dua gambar jam diatas tersebut mempunyai perbedaan arah jarum jam, yang mana
arah jarum jam yang pertama itu menunjukkan bahwa jarum panjang menunjukkan ke
arah 12 dan jarum pendek menunjukkan ke arah 2, berarti itu menunjukkan pukul 02.00.
Kemudian gambar jam yang ke dua itu arah jarum panjangnya menunjukkan ke arah
12 dan jarum pendek menunjukkan ke arah 4, berarti itu menunjukkan pukul 04.00.
kenapa gambar dua jam tersebut memiliki perbedaan, karena kita akan memakai
media gambar itu untuk belajar tentang menentukan lama waktu suatu kejadian
berlangsung.
- · Cara Kerja Media ;
Cara
kerja media jam ajaib ini yaitu akan kita contohkan dengan soal berikut ini :
-Hendri
berlatih menyanyi dari pukul 02.00, setelah selesai berlatih waktu menunjukkan
pukul 04.00.
Berapa
lama hendri berlatih menyanyi ?
-Jadi
diatas terdapat dua buah gambar, gambar menunjukkan pukul 02.00 dan pukul
04.00. hendri berltih dri pukul 02.00 sampai pukul 04.00. cara menghitung lama
waktu kejadian hendri berlatih bernyanyi yaitu kita hitung ada berapa angka jam
yang di lewati jarum jam pendek, yaitu ada dua angka 3 dan angka 4.
Berarti
lama hendri berlatih menyanyi selama 2 jam.
Itulah
cara kerja media ketika kita memakai contoh di atas dan itulah cara menentukan
lama waktu suatu kejadian berlangsung.
Komentar
Posting Komentar